Selasa, 27 Juli 2010

Speed Rating - Kemampuan Pacu Ban Mobil



kode-banSpeed Rating ban mobil sering tidak diperhatikan oleh konsumen saat membeli mobil padahal ini cukup penting bagi keamanan. Biasanya yang diperhatikan hanya lebar, ketebalan ban, dan ukuran ring ban (baca juga : Membaca Profil Ban dan Velg)... namun mereka tidak menyadari bahayanya memilih ban dengan speed rating yang salah sangat berbahaya.

Kode Speed Rating pada ban mobil berarti kecepatan maksimum yang dapat ditanggung oleh ban tersebut. Bila ban mobil anda dipace melebihi batas maksimum tersebut berarti anda sudah membahayakan diri anda dan penumpang.

Ada beberapa kode yang digunakan untuk penanda Speed Rating ban mobil, yaitu berupa huruf-huruf. Berikut ini adalah kode tersebut lengkap dengan pemetaan batas kecepatan maksimalnya.

Contoh Kode Ban: 205/55 R16 91W

speed-rating

Demi keamanan sebaiknya jangan melaju melebihi batas maksimal Speed Rating ban mobil anda. Akan jauh lebih baik untuk tidak memaksakan ban mobil anda mencapai batas maksimum. Untuk di dalam kota Jakarta kecepatan tersebut hampir tidak akan pernah dicapai, yang perlu anda waspadai adalah saat anda melaju di jalan bebas hambatan (tol) dan jalanan luar kota (sering lupa diri).

Kunjungi juga halaman: Daftar Harga Ban Mobil , Aturan rotasi ban mobil agar ban mobil awet

Referensi : http://www.blackcircles.com/general/speedrating

Tidak ada komentar:

Posting Komentar